Profil

Profil

Profil

May 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Dengan DOA, Kepala SMP Muhammadiyah Al Mujahidin jadi Kepala Sekolah Inovatif se-DIY  

GUNUNGKIDUL - Prestasi luar biasa kembali ditorehkan oleh sekolah Muhammadiyah. Kali ini datang dari Kepala SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul Agus Suroyo, S.Pd.I., M.Pd.I. yang meraih meraih penghargaan Peringkat 1 Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kategori Inovatif untuk Kepala SMP tingkat provinsi.

Penghargaan ini merupakan penghargaan untuk kepala sekolah inovatif. Diikuti oleh kepala sekolah se-DIY baik negeri maupun swasta. Lomba ini diadakan oleh Dirjen GTK Kemendikbud RI dengan mengambil 3 terbaik tingkat provinsi. Pada 2023 ini, jumlah penerima penghargaan ada 22 kategori, diantaranya adalah kepala sekolah Inovatif yang diraih Agus Suroyo. Peringkat 1 akan mewakili DIY maju tingkat nasional.

"Alhamdulillah (bersyukur) atas pencapaian ini. Semoga bisa di Tingkat nasional juga dapat meraih peringkat 1," ucap Agus kepada Mediamu, Senin (29 Rabiul Akhir 1445 H bertepatan 13 November 2023).

Inovasi yang Agus kembangkan adalah Manajemen DOA untuk meningkatkan prestasi sekolah. DOA sendiri merupakan kepanjangan dari Diagnosis, Olah, dan Apresiasi, dimana penerapannya melalui 3 tahapan. Mulai dari sekolah mendiagnosis seluruh siswa untuk mengetahui bakat minat potensi siswa maupun guru.

Selanjutnya hasil diagnosa diolah dengan melalui 4 tahap, yaitu plan, do, check,  dan act. Setelah itu hasil pencapaian selalu diberikan apresiasi sehingga memotivasi anak untuk terus belajar dan berprestasi.

Penerapan manajemen ini sudah dilakukan sejak 2022 dan hasil yang diperoleh sangatlah luar biasa. "Melalui penerapan manajemen ini, alhamdulillah dapat meningkatkan 10x lipat prestasi siswa. Pada tahun ajaran 2022/2023 jumlah prestasi yang diperoleh oleh siswa mencapai 331 prestasi dalam satu tahun," jelasnya.

Dari inovasi ini juga, prestasi SMP Muhammadiyah Al Mujahidin meningkat signifikan, yakni 331 prestasi dalam satu tahun. SMP Muhammadiyah AL Mujahidin juga mendapat 5 penghargaan dalam anugerah pendidikan berkemajuan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Tak hanya itu, dari segi akademik terutama hasil ASPD, SMP Muhammadiyah Al Mujahidin meraih peringkat 2 SMP negeri dan swasta se-Gunungkidul hingga hasil raport pendidikan pada literasi dan numerasi juga mengalami kenaikan. Bahkan 100 persen siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin telah mencapai kemampuan literasi minimal.

Dengan semua hasil serta penghargaan yang diperoleh, tentunya membuat Agus Suroyo  akan terus berinovasi dalam segala aspek di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dan dunia pendidikan secara luas.

"Saya akan terus melakukan inovasi agar bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang," ujar Agus.

Setelahnya, Agus akan mempersiapkan diri untuk maju ke lomba GTK inovatif tingkat nasional. Beberapa persiapan sudah dilakukan, termasuk prestasi dan wawancara yang akan dilaksanakan besok tanggal 20-23 November 2023. (*)

 

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here