Profil

Profil

Profil

May 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Berita Duka! Rizal Ramli Eks Menko Kemaritiman Meninggal Dunia

JAKARTA - Berita duka menyelimuti dengan meninggalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli, yang dikonfirmasi secara resmi. Rizal Ramli menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Kabar kepergiannya tersebar melalui pesan singkat yang dikirim oleh keluarganya, yang menyatakan bahwa Rizal Ramli wafat pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB.

"Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya," demikian bunyi pesan singkat tersebut.

Keluarga juga menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan yang dilakukan oleh beliau selama hidupnya.

Koordinator Gerakan Indonesia Bersih, Adhie M Massardi, membenarkan informasi tersebut, meskipun dia belum mendapatkan rincian lengkap terkait kepergiannya.

"Iya benar (meninggal). Saya baru sampai rumah. Tapi informasi lengkapnya belum dapat saya," ujarnya dilansir dari detik.com.

Profil Singkat Rizal Ramli

Dari berbagai sumber, Rizal Ramli merupakan figur yang terlibat dalam gerakan mahasiswa Indonesia pada era 1977/78. Selain itu, ia dikenal sebagai ahli ekonomi dan tokoh perubahan di Indonesia. Rizal Ramli memegang jabatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, menggantikan Indroyono Soesilo sejak 12 Agustus 2015.

Sebelumnya, Rizal pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dan Menteri Keuangan Indonesia dalam Kabinet Persatuan Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Meskipun pernah mendapatkan tawaran menjadi menteri di Kabinet Pembangunan VII dari Soeharto dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan serta Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat dari Gus Dur, Rizal menolak kedua tawaran tersebut. Ia baru menerima tawaran menjadi Kepala Badan Urusan Logistik ketika diajukan oleh Gus Dur.

Di tingkat internasional, Rizal Ramli juga pernah menjadi anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bersama dengan beberapa tokoh ekonomi dari berbagai negara. Pada November 2013, meskipun ditawari jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) oleh PBB, Rizal menolaknya karena ingin fokus pada pengabdian kepada negara dan bangsa Indonesia.

Wartawan: Fatan Asshidqi 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here