Profil

Profil

Profil

May 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kenali Ulama Muslim yang Menjadi Ahli Filsuf dan Ilmu Kalam

Kenali Ulama Muslim yang Menjadi Ahli Filsuf dan Ilmu Kalam

MEDIAMU.COM -  Kenali Ulama Muslim yang Menjadi Ahli Filsuf dan Ilmu Kalam

Mengenal Fakhruddin Ar-Razi

Namanya adalah Fakhruddin Ar-Razi beliau hidup pada tahun 1149 sampai dengan 1209. Beliau dikenal oleh masyarakat luas sebagai ilmuwan yang memiliki masa keemasan di zaman peradaban Islam. Selain itu ar Razi juga menciptakan beberapa karya-karya yang hampir dalam hitungan ratusan yang tersebar dan membahas tentang segala bidang yang ada. 

Karya karyanya ada di dalam ilmu kalam maupun Ushul fiqih dan yang ada juga di bagian tafsir Quran serta yang paling jelas adalah ilmu tentang matematika dan astronomi

Tokoh Termasyhur di Zaman nya

Beliau merupakan seseorang yang dikenal sebagai orang yang memiliki intelektual yang senang melakukan perjalanan yang jauh antar kota demi menimba sebuah ilmu. Tepatnya pada abad ke-12 Masehi.

Pendidikan awal Fakhruddin Ar-Razi

Beliau mendapatkan pendidikan yang paling pertama dari seorang ayahnya sendiri yang bernama dziaudin Umar, ayahnya ini merupakan seorang yang memiliki keahlian Mazhab Syafi'i dan asy'ariyah. Banyak ilmu yang beliau dapatkan dari ayahnya sehingga ayahnya wafat ia kembali berguru kepada seorang ulama yang termasuk juga di masa itu salah satunya adalah Ahmad bin zarinkum Al Kamal dan Muhammad Al bagawi yang merupakan guru beliau setelah ayahnya wafat dan banyak guru-guru lainnya.

Karya dari Fakhruddin Ar-Razi

Salah satu tulisan-tulisan dari ar Razi adalah yang tersemat di dalam Kitab nihatul Al- uqul yang buku ini memperjelas logika Aristoteles tentang penerapan di ilmu kalam dengan berdasarkan pandangan dari khas mazhab asy'ariyah.

Di sisi lain ar Razi juga menggunakan metode elektrik untuk merangkai sebuah pemikirannya tentang filsafat dan kalam sehingga dia mencantumkan di dalam Kitab karyanya yang berjudul Al- Mabahits Al-Masyraqiyyyah yang di mana ia berfokus untuk menyamakan antara filsafat dan ilmu kalam.

Kitab karya terpenting Fakhruddin Ar-Razi

Terdapat satu karya buku yang dihasilkan oleh ar-razi yang di mana kitabnya berjudul Al-Muthalib al-aliyah fil hikmah karena menjabarkan tentang sebuah argumen yang mengenai eksistensi sang pencipta sebagai wujud asli daripada ekstensi alam semesta yang di mana keberadaan makhluk ada lantaran eksistensi wajib dengan kata lain Tuhan merupakan sumber dan sebab utama segala sesuatu itu terjadi.

Pengetahuan Tuhan Tentang Segala Kemungkinan Menurut Fakhruddin Ar-Razi

Tuhan ini mengetahui segala sesuatu yang terjadi hingga detail melalui tashdiq. Yang di mana Tuhan ini merupakan sesuatu hal yang mengetahui apa apa yang tidak eksis karena inilah syarat mutlak dari kekuasaannya. Yaitu berkuasa untuk mengetahui sesuatu yang tidak ada sebelum dia menciptakan atau menjadikannya menjadi ada

Kesimpulan

Dari artikel ini kita mengetahui bahwa terdapat ulama besar muslim yang menjadi seorang filsuf dan ilmu kalam yang termasyhur di zamannya yang memiliki wawasan yang sangat luas sehingga menciptakan kitab-kitab yang sekarang masih bisa dijadikan rujukan di dalam suatu ilmu. Wallahualam. Semoga bisa menjadi ilmu dan pengetahuan baru kita terkait tentang tokoh-tokoh Islam. Simak artikel lainnya di mediamu.com

Editor: Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here