Profil

Profil

Profil

May 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Lebih Dekat Dengan Din Syamsudin, Ketua Umum PP Muhammadiyah Ke-14

Foto : suaramuhammadiyah.id

Pria yang akrab disapa dengan Din Syamsuddin ini lahir pada 31 Agustus 1958 di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Berbeda dengan ketua umum sebelumnya, dia pernah mengenyam pendidikan di lembaga Nahdlatul Ulama yakni di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama dan Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. 

Din kemudian melanjutkan pendidikannya di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Jawa Timur dan menyelesaikannya pada tahun 1975. Pada bangku perkuliahan dia belajar di IAIN Syarif Hidayatullah, S2 dan S3 beliau di University of California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat. 

Ketika masa pelajar, Din Syamsuddin pernah memimpin Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Cabang Sumbawa, masa kuliah menjadi Ketua Umum Sementara Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dilanjut menjadi Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah. 

Din Syamsudin terpilih sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah pada Muktamar Ke-45 Muhammadiyah di Malang. Din Syamsudin dikenal sebagai sosok yang memiliki kemampuan berdialog dengan seluruh umat beragama, baik dengan sesama umat Islam maupun umat beragama lainnya. 

Din Syamsudin sering sekali mendapatkan undangan untuk menghadiri berbagai macam konferensi tingkat dunia, salah satunya adalah ketika ia diundang ke Vatican, Roma, untuk memberikan ceramah umum mengenai terorisme dalam konteks politik dan ideologi. Din memandang bahwa terorisme lebih relevan apabila dikaitkan dengan isu politik jika dibandingkan dengan isu ideologi.

Din terpilih kembali sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah pada Muktamar ke-46 di Yogyakarta. Din Syamsuddin merupakan penggagas konsep Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi was Syahadah (Negara Kesepakatan dan Negara Kesaksian). Konsep ini kemudian disepakati oleh Muktamar Muhammadiyah tahun 2015. 

Din masuk daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia yang disusun lembaga riset independen barbasis di Yordania, Ia masuk dalam kategori Honourable Mention. Selain menjabat sebagai Ketua Umum PP Muhammadiyah dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus Pusat MUI. 

Din juga dikenal sebagai tokoh perdamaian dunia, dibuktikan dengan memprakarsai Pertemuan Puncak Ulama dan Cendekiawan Muslim Sedunia tentang Wasatiyat Islam (Islam Jalan Tengah), menjadi President of Asian Conference on Religions for Peace (ACRP) yang berpusat di Tokyo Jepang. Juga Co-President of Religions for Peace International yang berpusat di New York Amerika. Dalam kapasitas ini, Prof Din Syamsuddin diundang berpidato di PBB mewakili Islam dalam rangka World Interfaith Harmony Week.

Oleh : Muhammad Fajrul Falaq, Tim Redaksi Mediamu.com

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here